Monday, August 3, 2009

Presiden yang Bukan Ksatria

Radhar Panca Dahana

Pemilihan umum presiden yang baru saja diselenggarakan, selalu menyisakan persoalan moral, terutama setelah diketahui siapa pemenang dan siapa pecundangnya. Imbauan berulangkali disuarakan banyak kalangan, agar kedua pihak (yang menang dan kalah) dapat menerima hasil dengan hati dingin, damai, dan elegan. Ngeluruk tanpo bolo, menang tanpa ngasorake, kata orang Jawa.

Namun sejarah politik di negeri ini mengajarkan, kehendak dari peribasa di atas tampaknya selesai di tingkat wacana. Berkali-kali pergantian kekuasaan, senantiasa dimaknai dengan pergantian total aparatus puncaknya. Semacam pendekatan zero sum game, terlebih bila pergantian itu diwarnai dengan sebuah keributan, besar dan kecil. The winner takes all, dan yang pecundang siap habis total.
Pendekatan atau tradisi pergantian pimpinan seperti ini sebenarnya memiliki akarnya juga dalam masyarakat kita, terutama dalam tradisi kerajaan konsentris, di Jawa dan berbagai kerajaan beradab “daratan” lainnya. Pendekatan atau tradisi ini berasal dari pemahaman, kekuasaan (politik) dan penguasaan (bangsa/negara) dihasilkan melalui sebuah perjuangan keras dan fisikal dari para ksatria. Raja atau Sultan yang kemudian bertahta adalah mereka berada dalam garis atau kasta itu.
Kekuasaan yang didapat dan dipahami dengan paradigma/tradisi ini tentu saja berkonsekuensi melahirkan pemerintahan yang cenderung totaliter, hegemonik dalam penguasaan infrastruktur, sumberdaya dan berbagai akses sosial. Dan semua itu dilakukan melalui cara-cara yang koersif, represif, baik yang halus maupun kasar, baik dalam bentuk yang tradisional maupun canggih karena menggunakan peralatan modern.
Beberapa negara dunia, seperti Myanmar, Kuba, Lybia, atau negara-negara Timur Tengah, mempraktekkan tradisi kepemimpinan semacam itu. Bahkan hingga busana pemimpinannya, mewakili gambaran ksatria sejati, militer dalam perkembangan modernnya. Di beberapa negara demokrasi-semu, modernitas, teknologi, ilmu, sistem demokratis itu sendiri, dan perangkat canggih lainnya, digunakan semata hanya untuk label, justifikasi, atau hiasan di etalase peradaban internasional.
Bagaimana sebenarnya tradisi (kepemimpinan) politik kita harus dibangun, dengan latar semacam itu? Kenapa kompetisi penuh adab, seperti pemilu pilpres ini, mesti “habis-habisan”, termasuk menghabisi lawannya? Mengapa demokrasi sekadar menjadi dekorasi, menjadi alat pemuas dahaga kekuasaan, bukan sebagai mekanisme pengabdian dan pengadaban negeri? Satu upaya untuk memperluhur derajat kita sebagai bangsa, mempertinggi kualitas kita sebagai manusia?

‘Bun’ dan ‘Bu’

Masalah di atas, mungkin, berawal dari kacau atau bertabrakkannya ukuran atau standar-standar (etik dan emik) perpolitikan kita antara dua kecenderungan paradigmatik, oksidental dan oriental. Umumnya, yang pertama bermain di tingkat akal, dan yang terakhir mengendap di kedalaman mental. Dua dimensi yang sangat berpengaruh pada output perilaku para pelakunya. Bila terjadi semacam ambiguitas atau bahkan skizofrenia politik karenanya, tentu lumrah adanya.
Paradigma oksidental kita paham benar, karena kita terdidik sejak dini dengan itu. Untuk yang oriental, selain tradisi yang terinternalisasi dengan pendekatan “aryan” atau India –melalui kitab-kitab semacam Mahabarata—di atas, juga ada sebuah logika menarik dari Cina. Dalam riwayat maupun legendanya, kultur Cina mengenal dua kecakapan utama yang dapat diraih manusia: “bun” dan “bu”. Yang satu ilmu “surat” (sastra) dan yang lainnya ilmu “silat” (kanuragan/militer).
Dalam dua dunia itu berlaku pemeo, “tidak ada nomor satu dalam bun” (karena siapa yang dapat menentukan karya sastra nomor satu), dan “tidak ada nomor dua dalam bu” (karena pesaing sudah mati oleh pesilat paling tangguh). Ajaran moral itu berhasil membagi dengan cermat kecenderungan idealistis dan pragmatis dari manusia. “Bun” adalah perkara-perkara yang menyangkut idea, dunia abstrak dan simbolik, seperti sastra, ideologi, agama, ilmu, juga politik. Sementara “bu”, adalah dunia yang mewakili kecenderungan praktis-pragmatis, yang kongkret dan material, seperti silat, militer, dagang, dan sebagainya.
Masalah terjadi ketika dunia berkembang semakin mengutamakan penumpukan fasilitas dan ukuran-ukuran yang praktis-pragmatis-material. Dunia “bun” bukan hanya kian tertekan, bahkan terkooptasi, dan akhirnya diperalat sebagai arsenal, dalam kekuasaan misalnya. Urusan politik dan pemerintahan yang sebenarnya berada di wilayah moral “bun”, dimana “tak ada nomor satu” dan respek menjadi etos utama, pada akhirnya mengeras menjadi konflik terbuka, bahkan secara fisik.
Karena politik kemudian diperalat oleh kaum “bu” yang tetap mempertahankan moralitas “tak ada nomor dua” lewat kekerasan fisikalnya. Kaum ksatria mengambil alih otoritas politik dan melakukan hegemonisasi lewat caranya yang keras. Kekacauan standar-standar hidup pun terjadi, karena pertentangan keras sudah terjadi di dalam tubuh kekuasaan –bahkan di level rendah sekalipun—itu sendiri.

Kasta Pangreh Praja

Maka, ketika SBY, selaku capres mengatakan dirinya adalah “ksatria” dalam sebuah pidato publik, untuk menjelaskan bahwa ia mendapat banyak serangan dan tidak membalasnya, bisa dikatakan benar dan keliru sekaligus. Benar, ia memang ksatria (mantan perwira tinggi) dan menjadi pemimpin karena tradisi kekesatriaan dari kerajaan konsentris kita, termasuk juga yang dipahami pendahulunya, mantan presiden Suharto.
Namun ia keliru, bila sebagai ksatria ia tidak “membalas” serangan yang tertuju padanya. Seorang ksatria harus membalas dan menang, sebagaimana etos itu diajarkan oleh tradisi. Dan jadi lebih keliru, bila sebagai pemimpin nasional ia “membalas” serangan itu. Karena terdapat jarak yang menentukan, antara posisi puncak sebagai pemimpin nasional dengan takdirnya sebagai elit dari kasta ksatrianya.
Bisa jadi inilah absensi dalam paradigma/tradisi berpolitik kita. Tidak ada kasta khusus bagi mereka yang “memerintah negara”, yang menjadi politikus, jadi negarawan. Seseorang tidak cukup menjadi ksatria untuk jadi “pemerintah” atau negarawan. Ia harus memiliki beberapa kapasitas dan kapabilitas tersendiri untuk mencapainya. Setidaknya sebuah komprehensi yang “melampaui” logika atau disiplin keksatriaannya. Melihat manusia, bangsa, sejarah dan masa depannya secara lebih utuh, multidimensional.
Untuk kita bisa menggunakan istilah berbeda, kasta baru, bisa diletakkan antara brahmana dan ksatria, yang menempatkan seorang politikus –tepatnya negarawan—hanya seurat di bawah kebijaksanaan non-duniawi dari seorang brahman. Katakanlah untuk sementara –sebelum ada yang lebih tepat—istilah pangreh praja atau pangembating praja kita gunakan untuk posisi atau kasta itu.

Sebuah kasta baru yang tidak mencampuradukan antara kebijaksanaan dan kebijakan yang idealistik dan visioner dengan ambisi-ambisi pragmatis yang material dan temporer. Dengan posisi ini, seorang pemimpin tidak berhenti dalam wacana, retorika dan romantika karena pribadinya yang sudah mampu meng”atas”i kepentingan sektoral dan kecenderungan personalnya. Ia menjadi jabatan puncak, yang diraih lewat cara yang meritokratik, bukan sebuah takdir yang dibawanya sejak lahir.
Karena tak ada manusia yang ditakdirkan selamanya menjadi syudra, waisya, maupun ksatria. Semua berpeluang menapaki jenjang yang lebih tinggi, hingga menjadi pangreh atau pangembating. Sebuah jenjang yang menuntut tanggungjawab dan kemampuan sangat tinggi, bahkan bukan sekadar “bun” dan “bu”. Jenjang yang seharusnya ditempati oleh seorang pemimpin, seorang presiden.
Adakah sang pemenang nanti ada di jenjang itu? Anda semua, juga sejarah, yang akan mencatat dan membuktikannya.

21 comments:

Dino Lesmana said...

pa sayak boleh minta alamat sekaligus teleponnya pak

MOUNIKA said...

Thanks for the article.Much thanks again. Cool.
Sailpoint Training From India

MOUNIKA said...

Nice post.
load runner training

Jamess said...

QuickBooks Premier is an accounting software which includes helped you grow your business smoothly. It includes some luring features which will make this software most desirable. Regardless of most of the well-known QuickBooks Premier features you may find difficulty at some steps. QuickBooks Support Number is the foremost destination to call in the period of such crisis.

Jamess said...

Support channel at provides on demand priority support each and every and each customer without compromising with all the quality standards. You named a blunder and we also have the clear answer, this can be essentially the most luring features of QuickBooks Enterprise Support Phone Number available on a call at .You can quickly avail our other beneficial technical support services easily once we are merely a single call definately not you.

JimGray said...

Even though you are feeling that the full time is odd to call for help, just pick up your phone and dial us at QuickBooks Payroll Support Phone Number because we offer our support services 24*7. We genuinely believe that the show must go ahead and thus time seriously isn't an issue for all of us because problems try not to come with any pre-announcements.

steffan said...

The QuickBooks Technical Support Phone Number is toll-free together with professional technicians handling your support call may come up with an immediate solution that will permanently solve the glitches.

steffan said...

There are so many individuals who are giving positive feedback when they process payroll either QB desktop and online options. In this web site, we are going to enable you to experience to make and place up the checklist for employee payment. To get more enhanced results and optimized benefits, you are able to take the assistance of experts making a call at QuickBooks Payroll Support USA.

QuickBooks Payroll Support said...

Comprises of an attractive lot of accounting versions, viz., QuickBooks Pro, QuickBooks Premier, QuickBooks Enterprise, QuickBooks POS, QuickBooks Mac, QuickBooks Windows, and QuickBooks 247 Support Phone Number, QuickBooks is becoming a dependable accounting software that one may tailor depending on your industry prerequisite.

rdsraftaar said...

All these issues mentioned above are a couple of examples of what sort of tech glitches users may face. QuickBooks Enterprise help is the only solution for the variety of issues. So, contact with our QuickBooks support team making use of the QuickBooks Enterprise customer support number to enjoy most of the latest plans and services offered by us globally. Dial our QuickBooks Enterprise Support to obtain an instant QuickBooks help.

Jamess said...

QuickBooks encounter an amount of undesirable and annoying errors which keep persisting as time passes if you don't resolved instantly. Considered one of such QuickBooks issue is Printer issue which mainly arises as a result of a number of hardware and software problems in QuickBooks, printer or drivers. You can actually resolve this error by using the below troubleshooting steps you can simply contact our QuickBooks Support Phone Number available at.You should run QuickBooks Support Phone Number print and pdf repair tool to ascertain and fix the errors in printer settings before you start the troubleshooting. Proceed because of the below steps to be able to scrutinize the error.

Mathew said...

In addition to best, right and easy resolutions are the most important when it comes to growth of everyone business. So for this, QuickBooks Tech Support Phone Number is just one of the great accounting software to easily manage all of those things.

kevin32 said...

The support team at QuickBooks Support Phone Number is trained by well experienced experts that are making our customer care executives quite robust and resilient. It surely works twenty-four hours every single day with only one element of mind as an example.

QuickBooks Support Phone Number said...

QuickBooks technical help is present at our QuickBooks Tech Support Number dial this and gets your solution from our technical experts.Attributes Of Quickbooks Support You are now able to get a quantity of benefits with QuickBooks. Proper analyses are done first.

QuickBooks Payroll Support said...

For the actual reason, dig recommends that you simply solely dial the authentic QuickBooks Customer Service Number sign anytime you would like any facilitate along with your QuickBooks. Our QuickBooks specialists can assist you remotely over a network.

steffan said...

At QuickBooks Support Phone Number we work with the principle of consumer satisfaction and our effort is directed to deliver a transparent and customer delight experience. A timely resolution when you look at the minimum span may be the targets of QuickBooks Toll-Free Pro-Advisors. The diagnose and issue resolution process happens to be made step by step and it is kept as simple as possible.

Bryan Willson said...

If you would like any help for QuickBooks errors from customer service to obtain the way to these errors and problems, it really is an easy task to have of Intuit QuickBooks Phone Number and discover instant help with the guidance of your technical experts.

tom wick said...

The reason us different is quality of one's services inside the given time interval. The locus of your services may be based upon delivering services in shortest span of that time period, without compromising aided by the quality of your services. Our support team is engaged in pre-research to create themselves prepared in advance for the possible errors of QuickBooks Tech Support Number. This practice helps them produce you the specified wind up in the given time window. We are there to assist you 24*7 as we try not to disassociate ourselves together with your troubles even through the wee hours.

jameswill11 said...

QuickBooks Tech Support Phone Number Our Accounting and Bookkeeping services include: Evaluating current accounting forms, giving managerial administrations, essential accounting including records of sales, records payable, general record and finance.

kevin32 said...

It implies that QuickBooks Payroll Technical Support Number is unable to verify the payroll subscription. It generally takes place when user attempts to upload the payroll to more than one active payroll subscriptions or even the newest tax table available online.

Blogsilly said...

A software of this solution which is designed in such a way that you can manage payroll inventory sales and every other need of small business. If you would like to learn How To Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Post a Comment