Sunday, January 11, 2009

1 Hari 11 Mata di Kepala

Babak kedua

SEJARAH DUA

SEBUAH RUANG, MUNGKIN ADA DI BAGIAN KANAN. SEPERTI KOTAK SABUN YANG TERANG DI TENGAH KEGELAPAN PANGGUNG LAINNYA. DI DALAM KOTAK ITU ADA SEBUAH RUANG DENGAN CAHAYA PENUH. RUANG ITU DIPENUHI OLEH PERABOTAN YANG CUKUP LENGKAP UNTUK DISEBUT SEBUAH DAPUR. ADA KULKAS, KITCHEN SET SEDERHANA, MICROWAVE, MEJA MAKAN UCURAN KECIL UNTUK SEKITAR EMPAT ORANG (DENGAN KURSI HANYA TIGA, DIMANA YANG SATU MUNGKIN AGAK CACAT KAKINYA).

ADA SEBUAH PINTU DI BAGIAN KIRI RUANG ITU YANG SEDIKIT TERBUKA. DI DINDING SISINYA BERGANTUNG SEBUAH TELEPON FIKS, PENSIL BERGANTING, NOTES PENUH CATATAN. GAMBARAN SEBUAH DAPUR PADA UMUMNYA, BAGI KELAS ATAS-MENENGAH URBAN DIMANA SAJA.
DI DALAM RUANG ITU, NAMPAK SEORANG PEREMPUAN SEDANG BEKERJA. TUBUHNYA SEDANG, AGAK GEMUK (SEPERTINYA MENGGEMUK BELAKANGAN), DAN BEKAS KECANTIKAN DI WAJAHNYA YANG TERLALU TUA BAGI USIANYA (SEBENARNYA IA BARU SEKITAR 27-AN, NAMUN IA TIDAK SENGAJA IA TAMPAK BERUSAHA MENGESANKAN DIRINYA SUDAH 35-AN BAHKAN MENJELANG 40-AN).

WAJAHNYA DATAR TANPA MAKE-UP APA PUN YANG MENYENTUHNYA. BIBIRNYA TAJAM, MUNGKIN KARENA TERLALU LAMA DIAM ATAU TERLALU LAMA MENAHAN RASA PEDIH. DUA BUAH ANTING MENJADI PEMANIS, SESUATU YANG TAMPAKNYA LEBIH MERUPAKAN KEINGINAN ORANG LAIN YANG IA SANGAT MENGHORMATINYA, KETIMBANG IA INGINKAN SENDIRI.

PEREMPUAN ITU SANGAT SEDERHANA SEBENARNYA. RAMBUT DIGELUNG SEADANYA, DIJEPIT, SEHINGGA TIDAK MENYULITKAN. TIDAK BERKALUNG DAN BERGELANG. MEMAKAI DASTER KERJA DAN CELEMEK YANG SUDAH AGAK LUSUH DAN SEDIKIT BASAH (MEMPERLIHATKAN SEOLAH IA SUDAH SEKIAN LAMA TIDAK MELEPASKANNYA).

ADA SETUMPUK SAYURAN DI SALAH SATU BAGIAN KITCHEN SET, DAN BUAH-BUAHAN, JUGA BUNGA YANG BELUM TERTATA. SANG PEREMPUAN TAMPAK SEDANG BEBENAH SAAT LAMPU RUANG ITU MULAI MENYALA. TAK ADA SUARA APA PUN. KECUALI SARU SAPU YANG MENGGESEK DI LANTAI, YANG SAYUP-SAYUP MUNGKIN SUDAH TERDENGAR KETIKA RUANGAN ITU MASIH PEKAT GELAP.

DARI TUBUHNYA YANG BICARA, TERLIHAT DENGAN JELAS BAHWA PEREMPUAN ITU ADALAH SEORANG PEKERJA, PEKERJA RUMAH TANGGA YANG SANGAT TEKUN DAN DISIPLIN. GERAKNYA SANGAT CEKATAN MENGAYUNKAN SAPU YANG SUDAH PATAH GAGANGNYA, MENGAYUN KESANA KEMARIN MENGUMPULKAN SAMPAH HINGGA YANG TERKECIL. MENUMPUKNYA DI SATU SUDUT, MENAMPUNGNYA DENGAN SEBUAH SEROK DAN MEMBUANGNYA KE TEMPAT SAMPAH YANG TERTUTUP.

IA MENGERJAKAN ITU DENGAN RAJIN. HANYA TUBUHNYA YANG BICARA, JUGA MUNGKIN BENDA-BENDA YANG ADA DI SEKITARNYA. SEPERTI GERAK-GERAK ALAMI YANG TERJADI PADA POHON YANG BERAYUN, DAUN YANG MELAMBAI DAN TERBANG ATAU AIR SUNGAI YANG TAK BERHENTI MENELUSURI KELANDAIAN. IA SEOLAH RITUS HARIAN, SEBUAH UPACARA PURBA YANG BIASA SAJA TERJADI, DIMANA SAJA.

DAN UPACARA ITU BERLANJUT. PEREMPUAN ITU MEMPERSIAPKAN SEBUAH EMBER KECIL, MENGISINYA AIR, MEMBERINYA SEDIKIT SABUN DAN PEWANGI. LALU IA MEMBASAHI KAIN PEL PUTIH YANG CUKUP KUMAL, MEMERASNYA AGAK KERING DAN MULAI MENGEPEL LANTAI SEPERTI MEMBASUH TIAP PORI WAJAHNYA DENGAN PEMBERSIH MUKA.

TAK ADA SENTI YANG TERLEWAT. TERMASUK SAAT IA MELAP MEJA, KURSI, KITCHEN SET, PERABOTAN DAPUR DAN SELURUH BENDA DI RUANG ITU. IA MERAWAT DAN MENGANGGAP BENDA APA PUN DI RUANG ITU SEOLAH IA BAGIAN TUBUHNYA YANG TERBAIK, YANG TIDAK MUNGKIN IA LALAIKAN.

YANG MENARIK, SEJAK AWAL IA SESEKALI TERLIHAT MEMANDANG TELEPON DI DINDING. SEAKAN MENUNGGU SESUATU, MENUNGGU TELEPON ITU BERDERING, MENUNGGU SESEORANG YANG TERASA SANGAT IA KENALI. TAPI TELEPON ITU TIDAK BERDERING, TIDAK SAMA SEKALI. HANYA TETAP SAJA, SEKALI ATAU DUA IA MENGANGKATNYA, MENYAPANYA DENGAN CEPAT, “Halo?” NAMUN TAK ADA SUARA SAMA SEKALI DI SEBERANG SANA. DENGAN TERCENUNG DAN SEDIKIT KECEWA, PEREMPUAN ITU MENGEMBALIKAN TELEPON PADA POSISINYA.

SEDETIK DUA SAJA PEREMPUAN ITU TERLIHAT KECEWA KARENA KEMUDIAN IA KEMBALI SIBUK DENGAN PEKERJAANNYA YANG TAMPAK BEGITU PADA DI RUANG DAPUR ITU. PERISTIWA MENERIMA TELEPON TANPA DERING ITU BEBERAPA KALI TERJADI HINGGA USAI SEJARAH DI RUANG INI.

MEMANG ADA SATU-DUA KALI TELEPON ITU BERDERING. DENGAN GAIRAH BINATANG YANG MENEMUKAN MANGSANYA, IA SEGERA MENYERBU TELEPON, BAHKAN BEGITU TERGESA, IA SEPERTI LUPA DENGAN TATA LETAK RUANG YANG SEBENARNYA SUDAH IA HAPAL SEPERTI IA MENGHAPAL TIAP INCI DARI BAGIAN TUBUHNYA.

PEREMPUAN ITU TERSANDUNG KAKI MEJA, TERANTUK KEPALA ATAU TANGANNYA MENYENGGOL PERABOT HINGGA JATUH, SAAT MENYERBU TELEPON. IA MENGELUH SEDIKIT TAPI TIDAK MERASAKAN SAKIT ATAU KEJUT SEDIKIT PUN. SELURUH PIKIRAN DAN JIWANYA SUDAH ADA DALAM DERING ITU. SAAT IA MENGAMBIL GAGANG TELEPON, SEGALANYA SEPERTI BERUBAH, WARNA-WARNA MENJADI CERAH. SEPERTI WARNA MUKANYA. RUANG KOTAK ITU SEPERTI FOTO DALAM KOMPUTER YANG DIGANTI KOMPOSISI WARNANYA DALAM SATU KETUKAN TUTS KEYBOARD.

SENYUM WANITA ITU MENGEMBANG, MENGEMBALIKAN USIANYA BAHKAN LIMA TAHUN LEBIH MUDA. LANGIT-LANGIT, SAYURAN, BUAH, PERABOTAN, SEMUA IKUT BERSERI BERSAMANYA, SAAT PEREMPUAN ITU HAMPIR BERTERIAK DENGAN SEMANGAT SEORANG ANAK YANG MENEMUKAN MAINAN TERSAYANGNYA YANG HILANG SEKIAN LAMA.

PEREMPUAN : “Ya, Jira...Halo!”

BUAH-BUAHAN MENGGOYANG TUBUHNYA, SAYURAN BERGESER, AIR KERAN SEDETIK MENGUCUR, KURSI MENGHENTAK KAKINYA, SEMUA...SEMUA IKUT MENGEKSPRESIKAN KEBAHAGIAAN YANG SAMA DENGAN PEREMPUAN ITU.

PEREMPUAN : Ya halo...Jira?... Bukan...(wajahnya berubah dengan cepat, mengembalikan usia palsunya 15 tahun kemuka) bukan...maksud saya sudah membayarnya. (pause) Ya, saya sudah membayarnya. Kenapa Anda tidak percaya, apakah Anda memang bertugas untuk tidak mempercayai seluruh pelanggan listrik? (pause) Saya katakan saya sudah membayarnya. Titik! (pause) Anda gila. GILA! (ia membanting telepon ke dinding. melihatnya sejenak dengan dua ribu rasa kecewa, pedih, di beberapa detik saja.)

(ATAU:
PEREMPUAN : Ya Halo, Jira...kenapa kau... (berhenti sejenak, mendengarkan) Salah sambung? Ya..salah sambung! (ia membanting telepon ke dinding. melihatnya sejenak dengan dua ribu rasa kecewa, pedih, di beberapa detik saja.)


SAAT ITU, SELURUH PERABOT RUANG MERESPON DUNIA DALAM DIRI PEREMPUAN ITU , SEPERTI MERASAKAN SAKIT DI SALAH BAGIAN TUBUHNYA YANG PENTING. SAYURAN MELUNGLAI, BUAH-BUAHAN MENJATUHKAN DIRI, KURSI MENGGEBRAK PUNGGUNGNYA KE LANTAI, LAMPU BERKERDIP, DAN SEBAGAINYA.

TAPI HANYA SEJENAK. SUNGGUH SEJENAK. KARENA KEMUDIAN SEMUANYA KEMBALI SEPERTI SEMULA. PEREMPUAN ITU KEMBALI MEMBENAHI APA YANG SUDAH SEDIKIT BERUBAH KEMBALI KE POSISI SEMULA. KINI IA MEMPERSIAPKAN DIRINYA, SEPERTI SEORANG KOMANDAN UPACARA MEMPERSIAPKAN PASUKANNYA: MEMASAK DIMULAI.

IA MEMANDANG SAYUR-SAYURAN, MEMILIH-PILIH, MENGAMBILNYA BEBERAPA, MENCUCINYA, MULAI MEMOTONG DAN MERAJANGNYA...DAN PANGGUNG PUN DIISI OLEH KEGIATAN ITU. KEGIATAN YANG BEGITU TEKUN SEOLAH TIDAK ADA LAGI KEGIATAN LAIN YANG CUKUP PENTING DI DUNIA INI, SELAIN MEMASAK.

DAN UPACARA BERLANGSUNG BEGITU TERTIB SUSUNANNYA, BEGITU RAPI PENGERJAANNYA, SEMACAM PROFESIONAL YANG TETAP SAJA AKAN MENGERJAKAN SEMUA ITU SAMA BAIKNYA MESKIPUN IA DALAM KEADAAN TERTIDUR. DAN SEMUA ISI PERABOTAN DI RUANG ITU TAK SATU PUN YANG MENENTANGNYA. SEMUA SEAKAN MEMPERSIAPKAN DAN MEMPERSILAKAN DIRINYA YANG TERBAIK UNTUK MEMBANTU SANG PROFESIONAL MENYELESAIKAN TUGASNYA DENGAN SEMPURNA. MULAI DARI MERAJANG BUMBU, MEMPERSIAPKAN KOMPOR, MENCAMPUR SEGALA SAYURAN, DIBARENGI DENGAN MENANAK NASI DENGAN RICE COOKER, HINGGA MEMPERSIAPKAN MINUMAN (SELURUH URUTAN UPACARA YANG SEBENARNYA SANGAT PANJANG), IA LAKUKAN DENGAN KESEMPURNAAN SEORANG SENIMAN TERBAIK.

BEGITUPUN SAAT IA MENGATUR MEJA, PIRING-PIRING DAN GELAS, SENDOK, GARPU DAN SENDOK, SERBET MAKAN, BOTOL-BOTOL MINUMAN –PUTIH DAN BERWARNA—MENGANGKAT SAYUR YANG TELAH MATANG, MEMERIKSA TANAK NASI DAN SEGALANYA.

PEREMPUAN ITU BEKERJA SEOLAH IA SEDANG MEMPERSIAPKAN PESTA TERBAIKNYA. WALAU PENONTON TAHU IA TENGAH MEMPERSIAPKAN SEBUAH MAKAN (MALAM, SIANG ATAU SARAPAN) HANYA UNTUK DUA ORANG SAJA (SEBAGAIMANA TAMPAK DARI PENGATURAN MEJA YANG DILAKUKANNYA).

MENJELANG USAI, SEMUA UPACARA, INTENSITAS PEREMPUAN ITU MEMANDANGI TELEPON LEBIH KERAP. MENUNGGU DERING. TAPI DERING ITU TIDAK PERNAH MUNCUL. SAMPAI SEMUA AKHIRNYA SELESAI, DAN RUANG ITU SEPERTI BERGANTI BENTUK RUPA, MENJADI SEBUAH RUANG PERJAMUAN YANG SUNGGUH MENGESANKAN.

MEJA TERTATA RAPI DENGAN SELURUH MAKANAN TERHIDANG, PANAS MENGEPUL. SEKELOMPOK BUNGA SEGAR YANG BERDIRI TEGAK DI MEJA, SEAKAN SIAP MENYAMBUT KEDATANGAN SESEORANG. BEGITU BEBERAPA BUNGA YANG HARUM DI BEBERAPA POJOK RUANG. DAPUR ITU BERSAHAJA TAPI BEGITU RESIKNYA.

LAMPU MEREDUP SEDIKIT BERGANTI SATU RANGKAI LILIN DI TENGAH MEJA. KINI PEREMPUAN TIDAK LAGI MENENGOK TELEPON, NAMUN KE ARAH PINTU. TAK ADA APA-APA. TAK ADA KETUK, TAK ADA GERAK APA PUN DI BALIK PINTU ITU. SAAT PEREMPUAN SEDANG MENUANG DUA GELAS DI UJUNG MEJA DENGAN AIR PUTIH, SEKONYONG TUBUHNYA BERGETAR. ENTAH KENAPA.

DENGAN SEGERA IA MENGHENTIKAN KEGIATANNYA. MELETAKKAN BOTOL MINUMAN DAN TUBUHNYA MELESAT BURUNG YANG LEPAS DARI KANDANG YANG MENGURUNGNYA RIBUAN TAHUN. DASTER DAN CELEMEKNYA MELAMBAI. RAMBUTNYA YANG TERTUTUP KAIN MASAK MENGURAI. SELURUH DIRINYA MELESAT KE ARAH PINTU. MEMBUKA PINTUNYA DENGAN CEPAT DAN MENYAMBUT SESEORANG...ENTAH SIAPA DAN MEMPERSILAKANNYA MASUK.

SEPERTI UPACARA YANG LAIN, PEREMPUAN ITU MEMELUK SEBENTAR DENGAN KEHANGATAN MATAHARI DI KUTUB PALING UTARA, MEMBUAT SEBUAH KECUPAN, SENYUMAN YANG MEREKAHKAN MALAM, MEMBIMBING MASUK, MEMBUKAKAN KURSI, MENYIAPKAN SERBET MAKAN YANG IA BUKA DAN LETAKKAN DI PANGKUAN, SEMUA...SEMUA YANG HARUS IA LAKUKAN, KARENA YANG DATANG SAAT ITU ADALAH SEORANG RAJA. TEPATNYA, SESEORANG YANG IA MERASA HARUS DAN PANTAS MENGHORMATINYA, LEBIH DARI WAKTU-WAKTU YANG DIANUGERAHKAN PADANYA.

PEREMPUAN ITU MEMANDANGI DENGAN MATA MENYALA, GAIRAH MELUPA, DAN USIA 20 TAHUN LEBIH MUDA, KE ARAH KURSI DI HADAPANNYA. SEANDAINYA ADA SATU BUAH BATU SAJA, YANG TAMPAK MENDUDUKI KURSI ITU, MUNGKIN SELURUHNYA AKAN BERUBAH DENGAN SEDIKIT MAKNA. TAPI, BANGKU ITU KOSONG.

PEREMPUAN ITU KEMUDIAN SEPERTI MENGIYAKAN KETIKA BANGKU KOSONG ITU SEAKAN MEMINTANYA UNTUK MENEMPATI POSISI YANG HARUS DITEMPATINYA. PEREMPUAN ITU DUDUK DI KURSI SEBERANG. BERUSAHA DI JARAK ITU MELADENI: MEMBUKAKAN PIRING, MENGISINYA DENGAN NASI DAN SAYURAN, LAUK, SEGALANYA, SAMBIL BICARA BAHWA SEMUA ITU ADALAH MASAKAN-MASAKAN TERPILIH YANG MEMANG MENJADI FAVORIT “JIRA”, SESUATU YANG DILIHATNYA ADA DI KURSI KOSONG ITU.

LALU, DENGAN BIBIR YANG TAK MENINGGALKAN SENYUM, PEREMPUAN ITU MEMPERHATIKAN PIRING YANG TELAH PENUH HIDANGAN. PIRING YANG TAK BISA BERBUAT APA-APA. KECUALI DIAM. TAPI TIDAK, BAGI PEREMPUAN ITU.

PEREMPUAN : (setelah sekian detik terpana melihat bagaimana makanan di hadapannya disantap. ada kebahagiaan puncak terlihat di wajah dan gerak tubuhnya) Kenapa yoghurt-nya tidak dimakan, Jira. (diam memandang lurus ke depan ke arah kursi kosong di hadapannya) Itu baik untuk pencernaanmu. Bakteri-bakterinya positif. Dan bukankah rasanya nikmat? (tersenyum) Kau selalu begitu, melihat makanan dari bentuknya atau asal mentahnya. Banyak memang yang tampak menjijikkan. Tapi cobalah dulu. Bagaimana kau tahu rasanya, jika kau tak mencicipinya lebih dulu. (memandang dengan seksama. seperti menekuni satu persatu proses atau upacara makan dari lawan mainnya saat itu) Kau tampak agak gelisah. Ada apalagi? Bukan masalah Jerom, kepala bagianmu itu lagi kan? Katamu ia sudah dimutasi? Apa kau punya kesulitan dengan tugasmu yang baru? Atau ada temanmu yang mulai kurang ajar? Salah satu komisarismu menjengkelkan.. atau...(pause) ada pegawai, kenalan baru, yang cantik dan berdada besar seperti kesukaanmu? (pause...lalu terbahak tak terlalu keras suaranya) Aku mengerti Jira, aku mengerti. Kau tidak lagi tipe seperti itu. Kau sudah berubah. Aku menghargainya. Karena itu bekerja sebenar-benarnya, melayanimu sesungguh-sungguhnya, menjadi perempuan sesejati-sejatinya. Semata karena kamu. Semua untuk kamu, Jira. Begitu kau berusaha jadi sempurna, sebagai seorang lekaki, sebagai suami, sebagai calon bapak anak kita...aku pasti akan mendahuluimu...menjadi sempurna. (pause dan sedikit tercenung) Aku tak mau gagal lagi, Jira. Aku tak mau ibumu, bapakmu, kakakmu, nenekmu, sampai supirmu pun bergiliran berusaha menggagalkan usaha kita untuk bersama, untuk menjalin rumah tangga. Aku sudah menganggap kau suamiku, dan aku sudah menjadi pasangan hidup yang sempurna. Biar kutahu, mungkin benar aku tidak terlalu pantas untukmu, tepatnya untuk bayangan-bayangan di kepala orang-orang sekelilingmu. Aku bukan wanita dengan baju sempit yang menekan payudara, pantat dan pahaku. Aku bukan perempuan yang membawa kertas-kertas kosong untuk ditandatangani atau gadis dengan bibir yang berwarna terang, berlarian kesana kemari mengucapkan “halo, selamat siang. Apa kabar, saya Mariam istri Hajira, presiden direktur pt sundel bolong, pemilik kapling nomor sekian, lamborghini limited edition nomor sekian. Apa yang bisa saya bantu?” (menghela nafas) Tidak, Jira. Aku bukan wanita seperti itu. Aku orang sederhana, mungkin terlalu sederhana. Karena melihat semua bahkan dirimu sendiri tak ada bedanya dengan orang kebanyakan, yang kujumpai di terminal ketika aku menunggu busway, yang kujumpai di pasar sayuran saat aku mencari kubis dan ikan asin kesukaanmu. Aku orang biasa. Jadi jangan paksa aku untuk menerima pikiran dan ide-idemu yang terlalu tinggi, yang tak kumengerti, yang entah milik siapa. Jangan, Jira...jangan paksa aku. Lama-lama aku ngeri dan mati berdiri, karena aku histeris tak mampu menyanggupi dunia yang kau bentuk di kepalamu sendiri. Kawinlah denganku, seperti kau mengawini tikus yang tak mungkin hilang dari garasi mobilmu, seperti mengawini kali coklat di belakang rumah ibumu –rumah masa kecilmu—mengawini tetangga yang sulit sekali bersahabat denganmu –dengan siapa saja tentunya. Eh..hei! (sedikit terkejut, tangannya menggapai) jangan...jangan kau sentuh itu. Itu hanya pajangan di sayuranmu, biar kau tahu, masakan perlu keindahan. Jangan kau telan cabe itu! Aku tak ingin lagi perutmu mengejang dan duburmu berdarah saat buang air besar. Tahanlah nafasmu. (tersenyum) Bukankah kau sendiri yang mengajarkan, untuk kita selalu mengontrol diri dengan menghentikan apapun yang kita lakukan justru di puncak keinginan atau rasa puas kita? (tersenyum lagi dan seperti coba membujuk dengan penuh kasih) Sudahlah, Jira. Jangan merajuk seperti itu. Kau jadi seperti anak kita yang belum dilahirkan. Aku pasti nanti tak tega dan membiarkanmu berbuat kesalahan. Tidak, Jira. Jangan kau sentuh ya. Jangan ya sayang, aku akan buatku es cincau kesukaanmu setelah ini. Pasti. Segera. Tapi oke, lepaskan tanganmu perlahan-lahan dari bumbu pajangan itu...yap....oke...bagus...begitulah Jiraku. (menghela nafas) Sekarang segeralah, jangan kau perlambat minum susumu itu. Kau harus segera berangkat kerja. Aku tahu justru wakilmu sendiri yang sangat ketat dalam waktu. Ingatlah harapan dan rencana-rencana kita, biar kau lebih semangat lagi kerja. Dan itu...bekas susu di ujung bibirmu, sekalah segera. Tas kerjamu sudah kusiapkan dari tadi dan kusiapkan di mobil. Semoga semua lancar bagimu, itu doaku selalu. Semoga kau bisa menerimaku seutuhnya aku, begitu usahaku setiap waktu. Biarlah...aku tahu..aku tahu.. sebagian dunia, mungkin sebagian besarnya, tidak menerima kita. Tidak menerimaku, lebih tepatnya. Tapi apalah dunia di luar kita? Sejak kecil kita merasa asing dengannya. Dan aku merasa tidak hidup dengannya. Karena aku merasa sudah memiliki duniaku sendiri, menciptakan dan membangunnya sendiri. Dunia kita. Percayalah aku tidak akan ditentukan oleh buku-buku yang kubeli dan kau belikan untukku, biarpun habis kubaca semuanya. Aku tidak akan menjadi seseorang yang ditentukan kalung gelang emas yang kau hadiahkan padaku, biar pun aku sendiri akan membelinya seandainya kau tak menghadiahkan padaku. Aku pun tidak akan menjadi benda-benda baru yang memenuhi seluruh rumah kita, isi kantong kita, bahkan isi hati kita, betapapun aku akan coba mencari dan mengenali mereka. Percayalah Jira, aku akan jadi Maria, Maria sesungguhnya. Mariamu. (menghela nafas,berdiri, dan menghampir kursi di depannya) Kini perbaiki dasimu dan segeralah berangkat!

PEREMPUAN ITU MEMPERHATIKAN DENGAN SEKSAMA APA YANG SEAKAN TERJADI DI DEPANNYA. SEBUAH PROSESUS KEBERANGKATAN. HINGGA PINTU DAPUR TERBUKA, LALU SESEORANG SEOLAH MELEWATINYA, PINTU TERTUTUP KEMBALI. DAN SUARA SEPATU DI LUAR TERDENGAR MENJAUH. LALU HILANG.

HENING. SENYAP. SEMUA STATIS. WAKTU PUN SEPERTI LENYAP. SEJARAH PUN DIAM. BEBERAPA SAAT.

LILIN-LILIN MATI SENDIRI DAN CAHAYA KEMBALI BERSINAR SEPERTI AWAL DARI SEJARAH KEDUA INI. PEREMPUAN PUN TAMPAK BERDIRI DI POSISI YANG SAMA DENGAN AWAL SEJARAH KEDUA. WAJAHNYA KEMBALI PUCAT, 20 TAHUN LEBIH TUA. IA MEMBERESI ISI MEJA DENGAN MEMBUANG SEMUA ISINYA, MASAKAN DAN MINUMAN YANG MASIH UTUH ITU KE DALAM PLASTIK SAMPAH YANG BESAR.

SETELAH ITU, TERJADILAH APA YANG PERSIS SAMA DENGAN AWAL SEJARAH KEDUA. BAIK URUTANNYA, GERAK DAN GAYANYA, DAN SEGALANYA. DUNIA SEPERTI BERULANG. MUNGKIN KALI INI DALAM SPEED YANG DIPERCEPAT. JIKA BISA SAMPAI PADA ADEGAN, PEREMPUAN MENUNGGU KEHADIRAN DENGAN MEJA YANG SUDAH PENUH DENGAN HIDANGAN DAN MINUMAN.

KATA-KATA AWAL PUN SAMA. SAMPAI SEMUANYA MEMUDAR, FADE OUT. BEGITU PUN LAMPU. LALU GELAP TOTAL. BLACK OUT, DIIRINGI SUARA LAIN YANG DATANG DARI RUANG LAIN DI SEJARAH LAIN...

TAK JAUH DARI RUANG DAN SEJARAH KEDUA.

0 comments:

Post a Comment