Sunday, January 11, 2009

KETIKA JANE ASPARI MARAH ( KEJAM )


Para Pelakon :

JANE ASPARI
TOGAS
ARIANI
MARKO
MAYONG
ANDARI
GERARO
MERARI
ROMODI
REINALD
LELAKI A
LELAKI B
KEPALA
BUNG X
SANG IBU
SERAGAM 1
SERAGAM 2
SESEORANG


Babak Pertama



Adegan Satu


SEBUAH KAFE, LANTAI DASAR SEBUAH GEDUNG BERLANTAI ENAM BELAS. TENTU SAJA DI KAWASAN ELIT KOTA BESAR.

HARI TELAH LAMA GELAP. TINGGAL SEBUAH COUNTER MINUMAN YANG MASIH BUKA. ITUPUN TIDAK LAGI JUALAN. SATU ORANG SIBUK TERLIHAT MEMBERSIHKAN RUANGAN. MELINTAS MENGEPEL LANTAI. LALU HILANG DI SUDUT YANG LAIN.

SENYAP. SUARA GENERATOR ATAU MESIN PENDINGIN, SANGAT SAYUP DAN HALUS. BUNYI GEMELONTANG BESI YANG JATUH. CAHAYA NEON BEBERAPA KALI MEREDUP, LALU TERANG KEMBALI.

SUNYI. SUNYI BENAR. SEPERTI SANGAT JAUH, TERDENGAR LANGKAH SEPATU. LALU MENGHILANG. SUNYI LAGI. LALU SUARA TERTAWA DUA ORANG, JUGA TERDENGAR SANGAT LAPAT.

LAMPU NEON BERKERJAP, MATI. NYALA KEMBALI. BERKERJAP. MATI, BEBERAPA SAAT. NYALA KEMBALI. DAN SEORANG PEREMPUAN SEKONYONG TELAH BERDIRI DI TENGAH.

TUBUHNYA SINTAL, DIBALUT KOSTUM SEKRETARIS ATAU EKSEKUTIF. SANGAT RILEKS, WALAU TAK BERGERAK. NAMUN MATANYA TAJAM MENGHADAP KE SATU JURUSAN. TETAP SENYAP. LAMPU BERKERJAP. MATI. NYALA KEMBALI. DAN WANITA ITU SUDAH BERDIRI DI SALAH SATU SUDUT. TETAP DENGAN POSISI TUBUH YANG SAMA DAN PANDANGAN YANG SAMA.

LAMPU BERKERJAP LAGI CEPAT. MATI. NYALA KEMBALI. WANITA ITU KINI SUDAH BERADA DI SUDUT YANG LAIN. MASIH DALAM SIKAP YANG SAMA. KEMBALI LAMPU BERKERJAP DAN MATI. BEBERAPA KALI. BEGITUPUN WANITA ITU, SELALU TERLIHAT DI SUDUT ATAU TEMPAT YANG BERBEDA DENGAN POSISI TUBUH YANG SERUPA.

LAMPU KEMBALI MATI DAN MENYALA KEMBALI. NAMUN KINI, SANG WANITA BERDIRI MEMBELAKANGI PENONTON, DAN TAMPAK BERJALAN MANTAP, MENJAUH, JAUH, HINGGA HILANG DALAM GELAP.

SENYAP.
SENYAP. LAMPU TEMARAM.

SUARA RADIO DINYALAKAN. SIARAN WAYANG KULIT, TERDENGAR SAYUP. BEGITUPUN DENGKUR YANG HALUS.

BEGITU. SEKIAN LAMA.


Adegan Dua

INTERIOR SEBUAH KAFE. SAAT MAKAN SIANG. RAMAI BENAR, ORANG BERDASI DAN WANITA PERLENTE.

BISING (CROWD).

ORANG LALU LALANG. PRAMUSAJI WANITA BERROK MINI, ATAU PRIA BERTUKSEDO. ORANG-ORANG SALING MENYAPA. TERTAWA, BERTERIAK, TERKEJUT, BERBISIK, SALING LIRIK....

DI SEBUAH MEJA, TIGA LELAKI DAN DUA WANITA, MENGHADAPI MAKAN SIANG FAST-FOOD MEREKA.

TOGAS : Sudah kau hitung, Mas?
ARIANI : Juga tanda buktinya, lho....
MARKO : (Sambil mengunyah dan menggenggam kentang goreng bersambal) kita
butuh suntikan baru.
TOGAS : Reinald yang mengurus itu.

SUARA MULUT MEREKA YANG MENGUNYAH.

MARKO : Bagaimana, Nald?
REINALD : Jangan bicara itu di sini (MENGUNYAH DENGAN SUARA LEBIH KERAS).
JANE ASPARI : Aduh...bokongku ngilu!!
ARIANI : Jangan mulai lagi, Jane!

DUA ORANG LEWAT MENUMPAHKAN SEDIKIT MINUMAN KE LENGAN MARKO. TOGAS MENEGUR DITAHAN REINALD. DUA ORANG ITU MINTA MA’AF. JANE NGEDUMEL. BERISIK.

BISING. BISING.

SUARA KERETA API MASUK MAKIN KERAS DAN SEAKAN MENDEKAT.

BLACK OUT.

Adegan Tiga

SEBUAH WARUNG KECIL PINGGIR JALAN KERETA. KERETA API KENCANG MELEWATI, SAAT TOGAS BERGEGAS MENDEKATI WARUNG.

SESEORANG KELUAR WARUNG MENJEMPUT TOGAS. KERETA API LEWAT, SUARANYA MENJAUH.

MARKO : (Menyerahkan amplop besar) Semua ada di dalam.
SESEORANG : (Memeriksa amplop, menutupnya) Sampai besok sore. (Pergi cepat dan menghilang).

MARKO MENGAMATI SEJENAK LALU CEPAT PERGI MENGHILANG DI ARAH SEMULA.

SUARA KERETA API MENDEKAT DI KEJAUHAN.

BLACK OUT. SUARA KERETA MENDEKAT, MENJAUH DAN HILANG.

Adegan Empat

SEBUAH RUANGAN DARI SEBUAH RUMAH. BUKAN RUMAH TINGGAL. ARIANI DUDUK DI SUDUT SEBUAH KURSI PANJANG. TOGAS MENGADUK KOPI DI SALAH SATU POJOK RUANGAN. MEJA, KURSI TIDAK TERLALU TERATUR, SEPERTI SERING MENJADI TEMPAT PERTEMUAN. BEGITUPUN KERTAS, PERALATAN TULIS, ALAT KOMUNIKASI.

ARIANI : Aku mencium bau yang tidak enak.

TOGAS MEMBAWA KOPINYA DAN DUDUK DI SALAH SATU KURSI, BEBERAPA METER DI SISI ARIANI.

ARIANI : Tak tahu, apa ini bangkai busuk, makanan basi, pikiran kotor, atau kelakuan pengkhianat. (Melihat Togas) Menurutmu apa?
TOGAS : (Menghirup sedikit kopinya) Semua sama saja. Apa bedanya kejahatan pikiran dengan pengkhianatan, antara pengkhianat dengan tikus busuk?
ARIANI : Maksudmu kita basmi saja sekalian?
TOGAS : Ya, kalau caramu berpikir seperti tentara, begitu. Tapi kita militer bukan?
ARIANI : Kalau cara pedagang, ya kita bumbui dan kita kemas, tikusnya kita jual jadi bakso.
TOGAS : (Tertawa) Kamu makin cerdik! Kalau tikus busuk bisa jadi komoditi, dia bisa juga menjadi uang. Bisa juga jadi senjata.
ARIANI : Maksudmu, kita buat tikus itu jadi kebusukan orang lain...?
TOGAS : (Tertawa)

ARIANI IKUT TERTAWA.

PINTU SEKONYONG DIKETUK.

ARIANI : Itu ada tikus..eh..eh..busuk..eh..ada tamu, Gas!

TOGAS BELUM BANGKIT, SESEORANG MASUK, MELEMPAR BEBERAPA MAP KE MEJA DAN LANGSUNG MENCARI MINUM KE BELAKANG.

ARIANI : Dari mana saja kau, Yong?

TERDENGAR SUARA GELAS BERADU DAN AIR DITEGUK.

ARIANI : Seharusnya kau sudah datang kemarin.
MAYONG : (OS) Aku baru datang dari Medan tadi pagi.
ARIANI : Setidaknya kau kontak kami di sini.
MAYONG : (Sambil keluar dari ruang belakang) Ada perkembangan baru. (Mengambil map-nya di meja dan mengeluarkan sesuatu, beberapa lembar foto dari dalamnya) Lihat ini!

ARIANI MENGAMBIL LEMBARAN FOTO DAN MEMPERHATIKANNYA. LALU MELEMPARKANNYA PADA TOGAS YANG MASIH DIAM DENGAN GELAS DI TANGANNYA.

ARIANI : Siapa perempuan di sebelah Marko itu?
MAYONG : Namanya Shilla. Komisaris sebuah perusahaan informasi, tepatnya pengelola jasa internet. Dia lulusan Berkeley dan pulang dengan membawa teman yang memberinya modal tak terbatas untuk bisnis portalnya.
TOGAS : Cantik juga.
MAYONG : Baru 26 tahun, Ph.D. untuk information technology. Kata orang ia dekat dengan grupnya Nirwan Suryajaya. Bahkan ada yang bilang ia punya affair dengan seorang menteri.
ARIANI : Bagaimana Marko bisa dekat dengannya?
MAYONG : Aku nggak tahu persis. Konon mereka dahulu satu kota dan Shilla adalah adik kelas bahkan mantan pacarnya. Salah satu teman kita bilang ia melihat keduanya keluar dari Departemen Koperasi. Entah urusan apa.
ARIANI : Aku kok nggak tahu sama sekali.
TOGAS : Wah, kalau kamu rancu, Riani. Biar tahunan kau berhubungan dengan Marko, kau belum bisa mengenal bahkan 15% dari siapa sebenarnya kawan kita itu.
ARIANI : Aku tahu merek kegemaran celana dalamnya, aku mengerti mimpi yzng membangunkannya dua kali tiap malam, aku pun tahu jumlah wanita yang menjadi korbannya, begitupun aku...
TOGAS : ...tak tahu bahwa ibunya masih hidup...
ARIANI : Ah...itu nggak benar...
TOGAS : ...bahwa dia hanya sampai dua semester...
ARIANI : Tapi, ijazah masternya....
TOGAS : ....bahwa ia secara militer terlatih sebagai pasukan khusus...
ARIANI : Eehh...
TOGAS : ...bahwa, kau belum tahu banyak, sayangku.

ARIANI TERDIAM. BEGITU JUGA TOGAS DAN MAYONG. SUARA RITMIK DETAK JAM KINI JADI ILUSTRASI.

ARIANI SEKONYONG BANGKIT DAN BERJALAN KE PINTU. TANPA SUARA.

MAYONG : (Menyergah) Riani....!
TOGAS : (Memperingatkan. Tetap dalam posisinya) Kalau kau kacau dirimu, kau akan mengacaukan semuanya. Termasuk aku.

RIANI TERDIAM DI PINTU. SESAAT. LALU MEMBUKA PINTU DAN MENGHILANG. MAYONG MEMANDANG TOGAS. TOGAS MEMBALASNYA SEKILAS LALU KEMBALI MEMANDANGI GELAS DI TANGANNYA.

BLACK OUT.

Adegan Lima

HARI DEMONSTRASI. DI SEBUAH JALAN RAYA PROTOKOL. GEDUNG-GEDUNG BESAR DI SEKELILING. RIBUAN ORANG BERBARIS, BERTERIAK, SEBAGIAN MELEMPAR BATU. SUARA MOBIL MENDERUNG, BAU BAN TERBAKAR, SUARA POLISI DI MEGAPON, ORANG MARAH DAN BERTERIAK. DAN DOR! DOR! LETUSAN PISTOL.

SESEORANG : Sarnubi tertembak!
SESEORANG : Sarnubi tertembak! (Lalu ping-pong, sahut-menyahut)
SESEORANG : (Menjerit histeris!)
SESEORANG : Bajingan..!!
SESEORANG : Pembunuh rakyat!!
SESEORANG : Kita harus balas!
SESEORANG : Serbu polisi!!
SESEORANG : Lawan para penindas!!!
SESEORANG : Serbuuu!!
SESEORANG : Jihad !!

KEADAAN PUN BERTAMBAH KACAU. SEBAGIAN MALAH PANIK, BERLARI KESANA KEMARI, MENJERITKAN ITU DAN INI. SUARA DI MEGAPON TENGGELAM, BEGITUPUN BUNYI PISTOL. SUARA BEBERAPA SIRENE TERDENGAR MENDEKAT.

DI SATU SUDUT, TAMPAK MARKO MEMEGANG BEBERAPA BOM MOLOTOV. SATU IA LEMPAR KE TENGAH ORANG YANG PANIK. SATU KE ARAH POLISI, SATU KE SEBUAH BANGUNAN. BEBERAPA YANG LAIN IA BAGIKAN PADA DEMONSTRAN YANG MELEWATINYA. LALU IA MELESAT, IKUT BERTERIAK-TERIAK, DAN HILANG DALAM KERUMUNAN.

JANE ASPARI MUNCUL BERSAMA SEORANG LELAKI YANG BERPAKAIAN SIPIL DAN PERLENTE. BISING DEMONSTRASI.

LELAKI A : (Berlatar suara bising) Katamu tadi dia di sini...
JANE ASPARI : Ya, aku melihatnya sendiri, Kep.
LELAKI A : Dia janji akan menunggu kita?
JANE ASPARI : Seharusnya begitu...
LELAKI A : Seharusnya...?
JANE ASPARI : Ketangkep dia, kali.
LELAKI A : Nggak percaya aku...
JANE ASPARI : Tentara sombong macam kamu, mana bisa percaya pada orang lain..
LELAKI A : Aku tahu di mana dia...
JANE ASPARI : Kalau begitu, jangan ngomong melulu...

JANE ASPARI LANGSUNG MENEROBOS KERUMUNAN, DISUSUL LELAKI A, LALU MENGHILANG BEGITU SAJA.

BISING DEMONSTRASI.

BISING. DAN BLACK OUT.

Adegan Enam

DI SEBUAH KANTOR DINAS RAHASIA. BEBERAPA ORANG BERSERAGAM MILITER DAN SIPIL BERJAS DAN DASI, HILIR MUDIK. SUASANA BEGITU FORMAL.

LELAKI A MASUK BERPAKAIAN MILITER DENGAN TANDA KEPANGKATAN LETNAN KOLONEL, BERJALAN BERSAMA LELAKI B YANG BERJAS DAN DASI.

MEREKA MEMASUKI SEBUAH RUANGAN. SEORANG KEPALA MENUNGGU DI DALAMNYA, DUDUK DI SUDUT AGAK GELAP.

LELAKI B : Tak ada lagi yang perlu dikuatirkan.
KEPALA : Hmm..
LELAKI B : Biaya juga sudah ditanggulangi...bahkan berlebih.
KEPALA : Hmm...
LELAKI B : Hanya...
KEPALA : (Menelengkan kepala)
LELAKI B : Satu kartu mati.
KEPALA : (Memperdengarkan suara aneh)
LELAKI B : Kami sudah mengeliminasi sumbernya. Pers sudah beres, parlemen tinggal menunggu dua fraksi...dan rekanan kita di Hong Kong dan London pun oke...dan....
KEPALA : Tetap harus bertanggungjawab!
LELAKI B : Ya..ya...kami tahu (Menoleh ke arah Lelaki A)
LELAKI A : (Menatap Seseorang yang kini menghadap ke arahnya) Ya, saya yang bertanggung jawab.
KEPALA : Bagaimana?
LELAKI A : Kita ke rencana C. Dan saya handle semua.
KEPALA : Tidak cukup!
LELAKI B : (Berusaha membantu Lelaki A) Dia berjanji mencari resource-nya sendiri. Saya pun janji akan memback-up-nya.
KEPALA : Tidak cukup!
LELAKI B : (Memandang gentar ke arah Lelaki A)
LELAKI A : Saya siap dieliminasi!
LELAKI B : Ton...tapi!!
KEPALA : Bagus!
LELAKI A : Siap, pak!
KEPALA : Okay, tinggalkan tempat!
LELAKI A & B : Siapa!

LELAKI A & B BERGERAK SERENTAK. MEMBALIKKAN BADAN DAN MELANGKAHKAN KAKI BERSAMA KE ARAH PINTU. LALU MENGHILANG.

SANG KEPALA MENYALAKAN CERUTU. ASAPNYA MEMENUHI WAJAHNYA, MEMBUMBUNG, MENYESAKKAN KAMAR SEMPIT ITU. TERLIHAT WAJAHNYA YANG GELAP MENYUNGGINGKAN SENYUM. KERAS.

DAN BLACK OUT.

Adegan Tujuh



SEBUAH LORONG JALAN DI POJOKAN PERTOKOAN BESAR. BEBERAPA PENJUAL SIBUK MENGUMPULKAN BARANG DAGANGANNYA. ADA PEDAGANG KAKI LIMA, ADA TENGKULAK, ATAU PEMILIK KIOS. ADA JAWA, MINANG, ARAB, ATAU CINA. MASING-MASING SIBUK TANPA SUARA. HANYA KERESEK KARDUS, LANGKAH KAKI ATAU NAFAS MEREKA.

TIBA-TIBA SUARA SIRENE TERDENGAR MAKIN KERAS DAN DEKAT. LALU GELOMBANG SUARA BANYAK ORANG YANG BERTERIAK-TERIAK DI KEJAUHAN.

PARA PENJUAL TERSENTAK, MELIHAT KANAN-KIRI, LALU BERGEGAS MAKIN SIBUK MEMBENAHI BARANG-BARANGNYA.

TIBA-TIBA KEMBALI, SUARA MELENGKING SEORANG PEREMPUAN TERDENGAR DI UJUNG LORONG JALAN ITU. SEMUA ORANG MENENGOK KE ARAH YANG SAMA.

TAMPAK DALAM SILUET TIGA PRIA BERSENJATA MENYERET SEORANG PEREMPUAN, MENELANJANGI DAN MEMPERKOSANYA SATU PERSATU. PEREMPUAN ITU TERUS BERTERIAK HINGGA SUARANYA HABIS DAN TERTINGGAL RINTIH. PARA PEDAGANG HANYA MEMANDANG DAN TERPANA. SEMUA BEKU, KECUALI GERAK PEREMPUAN DAN PEMERKOSANYA DI KEJAUHAN.

GELOMBANG BISING ORANG-ORANG YANG BERTERIAK MENDEKAT SUARANYA. KETIGA PEMERKOSA TAMPAK TERGESA. MEREKA MENEMPELENG DUA KALI KORBANNYA, LALU PERGI DENGAN PENUH TAWA.

GELOMBANG ORANG DATANG. PARA PENJUAL BERBAUR DI DALAMNYA. SEMUA BARANG DAGANG RUSAK, ADA PULA ORANG TERINJAK.

SESEORANG : Ada cina diperkosa!
SESEORANG : Ada cina diperkosa!

BISING DAN KALANG KABUT.

BLACK OUT.

Adegan Delapan

SEBUAH KAMAR KONTRAKAN, LUSUH. EMPAT ORANG MASUK TERGESA-GESA: MARKO, TOGAS, LELAKI A, DAN JANE ASPARI. KEEMPATNYA MENGHEMPASKAN DIRI DENGAN NAFAS TERBURU.

DI LUAR TERDENGAR MASIH BISING DEMONSTRASI.

TOGAS : (Pada Jane Aspari) Seharusnya kau tidak ke sini....
LELAKI A : Terlalu bahaya memang untukmu, Jane...
JANE ASPARI : Kalian lelaki memang penuh lagak...
LELAKI A : Tapi, aku nggak main-main...
MARKO : Keadaan memang tidak bisa...
JANE ASPARI : Kau tak perlu ikut-ikutan, Mar!
MARKO : Tapi ini demi kami, Jane!
JANE ASPARI : Kenapa laki-laki di sini, kini jadi ceriwis. (Bangkit dan menuju pintu).
LELAKI A : Mau kemana kau?
JANE ASPARI : Kau bilang aku tak pantas di sini, hei lelaki!
LELAKI A : Tapi kau pun tak bisa pergi sendiri begitu saja.
MARKO : Terlalu bahaya di luar...(Bangkit hendak menghampiri Jane Aspari).
JANE ASPARI : (Membentak Marko) Kau tetap di situ! Duduk!! Aku tak butuh pertolonganmu. (Bergegas keluar dan hilang dengan cepat).
MARKO : (Hendak mengejar)
TOGAS : (Mencegah) Tidak perlu.

KETIGA LELAKI ITU MENGHELA NAFAS, HAMPIR BERSAMAAN. LALU BERPANDANGAN. TOGAS MEMANDANG LELAKI A DENGAN TAJAM.

SUARA BISING DI LUAR AGAK MENDEKAT.

LELAKI A : Kau tak perlu memandangku seperti itu, Gas.
TOGAS : Tak perlu juga merasa bersalah, Ton.
LELAKI A : (Menunduk dan menghela nafas) Bagaimana tidak? Kini
pun kita harus memilih: siapa?
TOGAS : (Melihat dengan tajam Lelaki A)
MARKO : (Bingung) Kalian membicarakan apa?

SUARA BISING DI LUAR KIAN DEKAT.

TOGAS DAN LELAKI A BERTUKAR TATAP DENGAN TAJAM.

MARKO : (Kian bingung) Apa yang terjadi? Apa yang sedang kalian rencanakan?

BISING SUDAH DI DEPAN PINTU. MARKO MENJADI PANIK.

SEKONYONG TOGAS DAN LELAKI A BERSERU DAN MELAKUKAN SATU GERAKAN CEPAT DI SAAT YANG SAMA. MEREKA MEMBALIKKAN BADAN KE ARAH PINTU BELAKANG DAN KEDUA TANGAN LELAKI A DI SAAT BERSAMAAN MENDORONG MARKO.

MARKO TERGULING. DI DETIK YANG BERBARENG SEROMBONGAN ORANG BERSERAGAM MENEROBOS MASUK KE DALAM RUANGAN. MARKO YANG TENGAH MENGELUH DIBEKUK HABIS. IA BERTERIAK BEBERAPA KALI TERKENA PUKULAN.

SEBAGIAN ORANG BERSERAGAM LAINNYA MENGGELEDAH SELURUH ISI KAMAR. TOGAS DAN LELAKI A SUDAH TAK TERLIHAT BUNTUTNYA.

SERAGAM 1 : Bersih...
SERAGAM 2 : Cuci sekali lagi!

SEBAGIAN MERINGKUS DAN MENGGIRING MARKO YANG TERUS MENGUMPAT-UMPAT. SEBAGIAN BERSERAGAM TERUS MENGGELEDAH.

SUARA MENGGELEDAH TERDENGAR BEGITU MENYEBALKAN.

BLACK OUT.

Adegan Sembilan

DALAM SEBUAH RAPAT BESAR. SEKITAR 15-20 ORANG BERKUMPUL. SUARA BISING DARI ORANG YANG BERDEBAT. PERDEBATAN DAPAT TERJADI SECARA UMUM, BISA PULA PADA POJOK-POJOK TERTENTU ANTARA DUA ATAU TIGA ORANG.

MEREKA RATA-RATA BERUSIA 20-30-AN TAHUN. TIGA EMPAT ORANG BERUSIA AGAK LANJUT. SATU ORANG, BUNG X, DI ANTARANYA DUDUK DALAM POSISI DI PUSAT PERHATIAN. PAPAN TULIS BERGAMBAR BAGAN DAN DENAH. KERTAS-KERTAS DI MEJA.

ARIANI : Sejauh ini semua berjalan cukup baik. Satu-dua kejadian tak terduga memang membuat rencana agak menyimpang. Saya kira itu cukup wajar.
LELAKI B : Soal Marko tampaknya bukan penyimpangan yang wajar. Tapi jelas kita kecolongan.
ARIANI : Itu sudah bukan wewenang saya (Menengok ke arah Lelaki A)
LELAKI A : Saya memang bertanggungjawab. Saya yang merekrutnya...dan yang saya ketahui...
JANE ASPARI : Anda tak tahu apa-apa, bung. Data intelejen Anda benar-benar murahan. Yang namanya Marko itu bukan lain adalah Primus alias Sutanto alias Rezma alias ....banyak lainnya. Dia pedagang buku di Senen asalnya, orangtuanya mati tahun 66, tak punya saudara di kota ini, tambahan lagi....
LELAKI A : Ya, kami mengetahui benar semua itu...
JANE ASPARI : Tapi kenyataannya, Anda kecolongan!
LELAKI A : Setiap operasi pasti ada deviasinya...
JANE ASPARI : Dan saya sudah mengingatkannya sejak mula!!
LELAKI A : Betapapun, tak perlu kau bicara keras seperti itu!
JANE ASPARI : Apa? Bicara keras? Kau tidak senang aku bicara keras? Orang macam apa kau? Memangnya kita ini kumpulan badut atau penari keraton? Kita di sini memang sedang usaha keras, dalam dunia keras, dengan tujuan yang keras. Siapa yang tidak berminat, takut, cerewet, atau lemah hatinya, tidak pantas berada di kumpulan ini. Siapa pun!!
LELAKI A : (Mencoba tersenyum) Kuakui kau memang keras, keras lebih keras dari lelaki.
JANE ASPARI : Apa-apan ini? Ini bukan soal banding-bandingan, Tuan. Bukan soal lelaki atau perempuan. Dalam perjuangan ini, jangan masalahkan gender. Aku tidak setuju. Dalam mentalitas dan intelektualitas tak ada batasan gender. Kau salah benar, Tuan...jika menganggap aku ingin mendepankan keperempuan atau kelelakian dalam kerja ini. Seperti yang kau sendiri lakukan!!
LELAKI A : Aku tak merasa melakukannya...
JANE ASPARI : Memang bagian kau untuk menolak atau tidak mempercayai orang. Itu disiplinmu, hei lelaki!
LELAKI A : Ya, disiplin lelaki. Bukan perempuan.
JANE ASPARI : Kau berani mengejek!!?
MAYONG : (Bercanda dan tertawa kecil) Kau sendiri yang mulai gender-genderan....
JANE ASPARI : (Balik ke arah Mayong) Ooo...begitu. Solidaritas. Kalian ingin bersekongkol untuk mendominasi opini di sini. Opini maskulin, nafsu maskulin, ambisi maskulin...
MAYONG : Jangan salah kira, Jane.
JANE ASPARI : Aku tidak salah kira, sama sekali tidak! Aku sudah melihatnya sejak mula. Kalian semua sebenarnya punya persekongkolan untuk mendominasi gerakan ini dengan ambisi-ambisi maskulin kalian. Memang tidak diungkapkan, tapi itu naluri menjijikkan yang kalian sepakati diam-diam. Dan perempuan, cuma alat...cuma tameng atau hiasan di muka, agar wajah, nyawa, harta, juga masa depan kalian selamat. Aku tahu itu. Aku tahu!!
TOGAS : Kau terlalu jauh, Jane.
JANE ASPARI : Kau yang terlalu jauh, Gas. Kini pun kau ikut nimbrung. Itu tak sadar. Itu naluri kelakianmu yang bodoh itu. Kau tak tahu, tak menyadarinya. Tapi aku melihat, merasakan, dan menyadarinya. Karena aku di luar. Aku punya jarak. Jarak dengan gerakan yang sudah dimanipulasi ini!
TOGAS : Mengapa kau harus menuduh?
JANE ASPARI : Kau yang menuduh! Kau yang tuduh aku terlalu jauh!! Padahal kau tahu bahwa aku benar. Bahwa aku tahu dan tidak terlalu jauh. Bahwa gerakan ini sudah dimanipulasi. Sekali lagi, dimanipulasi!!
TOGAS : Wah, itu terlalu jahat!
JANE ASPARI : Jahat? Jahat?! Siapa yang jahat. Kalian atau aku? Yang memperdaya atau yang diperdaya? Boneka seperti aku atau dalang-dalang menjijikkan seperti kalian?
MAYONG : Kau emosional, Jane! Rusak pertemuan ini!
JANE ASPARI : Bukan aku yang memulai. Tapi kalianlah yang telah merusak bukan cuma pertemuan, tapi juga semua rencana yang bertahun-tahun kita rancang.
TOGAS : Kau tak tahu, Jane. Kau cuma menuduh.
JANE ASPARI : Itulah senjata kalian, senjata ampuh. Kau tak tahu, Jane. Kau tak mengerti, Jane. Kau tak bisa, Jane. Bosan aku mendengar kalimat-kalimat sok dan diskriminatif itu. Dan kau (Menunjuk Bung X) cuma di situ terpekur dan diam saja. Turut bersekongkol, memanfaatkan boneka-boneka seperti aku ini...
LELAKI B : Wah ini sudah kelewatan!!
JANE ASPARI : (Berbalik ke Lelaki B) Memang kelewatan. Kau benar! Kita sudah kelewatan. Dan aku tidak bisa berdiam diri saja.
LELAKI B : Lalu apa yang hendak kau perbuat?
JANE ASPARI : Tak ada kata lain: aku keluar!!

TANPA BANYAK KATA LAGI, JANE ASPARI BERBALIK DAN BERJALAN KE ARAH PINTU. BEBERAPA ORANG BERDIRI, MENERIAKKAN NAMA JANE SEPERTI HENDAK MENCEGAH. TAPI JANE TAK DAPAT DICEGAH.

RUANGAN MENJADI BISU. BEBERAPA ORANG SALING MEMANDANG. HINGGA AKHIRNYA SEBAGIAN BESAR MEMANDANG KE ARAH BUNG X.

BUNG X : (Mendehem) Rapat dimulai.

GERARO MEMULAI RAPAT DENGAN EVALUASI. DISUSUL MERARI MEMBERI KOMENTAR. MAYONG MEMOTONG. DAN DISKUSI PUN BERJALAN RAMAI SEKALI. PEMBICARAAN MELOMPAT-LOMPAT. KADANG TERDENGAR BEBERAPA ORANG SEPERTI MELAKUKAN ORASI/PIDATO LAIKNYA SEORANG POLITIKUS, PEJUANG BESAR, TUKANG OBAT, ATAU DEMAGOG MURAHAN.

LELAKI B : Sekarang ini perubahan, tepatnya revolusi, sudah di depan mata. Saya kira kita tidak boleh lagi tanggung-tanggung. Seluruh daya yang kita miliki, ditambah dukungan dalam dan luar negeri, harus dikerahkan, agar besi yang sudah panas tidak menjadi dingin kembali.
MAYONG : Pemimpin negeri ini sudah lumpuh, habis kekuatannya. Saya setuju, jangan kita buang lagi kesempatan. Kita harus hancurkan pusat-pusat kekuatan yang mereka miliki dengan cara apa pun. Basis-basis masanya kita rusak. Jaringan bisnisnya kita busukkan. Seluruh agen kita siap untuk melaksanakannya.
GERARO : Kita adu domba saja mereka. Semakin kacau akan semakin habis kekuatan mereka. Lalu kita propagandakan isyu-isyu baru yang harus menyesatkan, sehingga rakyat bertambah bingung dan bodoh dan keadaan makin tak terkendali. Di sinilah kekuatan baru ditunggu dan mendapatkan kesempatannya. Kekuatan kita.
MERARI : Walaupun tentu jangan sampai kita korbankan rakyat.
GERARO : Bagaimana tidak ada korban? Setiap revolusi membutuhkan korban. Begitupun rakyat perlu berkorban. Seperti kita yang sudah berkorban waktu, pikiran dan tenaga...
MERARI : Itu akan melanggar tujuan kita sendiri...
GERARO : Tak perlu naif kau. Demi ratusan juta manusia, adalah lumrah kita korbankan sepuluh dua puluh, bahkan seratus atau seribu orang. Masa depan anak cucu kita sedang kita pertaruhkan. Jangan lagi kita kuatir, ragu, atau mendua, atau semua yang telah kita lakukan akan jadi sia-sia. Kita harus berani berkorban dan mengorbankan, melukai, merusak jiwa, bahkan kalau perlu mengambil nyawa.
ROMODI : Apa perlu sejauh itu?
MAYONG : Kenapa harus kau tanyakan lagi, Romo? Mungkin untuk penyair macam kau hal ini terasa melanggar prinsip. Tapi ini revolusi, bukan sastra, bukan seni. Kau harus mengerti itu. Kita membela ratusan juta nyawa, bukan seribu dua ribu pembaca. Rakyat harus membantu kita menggulingkan kekuasaan yang sudah bejat.
ROMODI : Termasuk meracuni rakyat...
MAYONG : Tidak semua rakyat. Tapi satu dua rakyat yang menjadi martir dan pahlawan untuk semua. Itu hukum revolusi. Harus muncul kejahatan untuk melihat kebaikan. Rakyat harus melihat dirinya rusak untuk bangkit melawan kepalsuan kekuasaan.
MERARI : Termasuk membunuhi kyai...
MAYONG : Itu hanya cara. Dan banyak cara lain. Apa pun akan kita lakukan. Jika perlu menyebarluaskan ide kita di kalangan pelacur, di meja judi, atau lewat video porno. Mau apa lagi, habis memang di situlah rakyat biasanya kumpul dan paling gampang diberi pesan.
ROMODI : Ini sih sudah keterlaluan, bung. Menurutku, apa pun yang kita lakukan tidak bisa lepas dari tujuannya. Kita ingin membersihkan ruangan tidak mungkin dengan cara mengotorinya. Kita ingin memperbaiki seseorang tidak bisa dengan cara merusak pikiran dan hatinya. Dan lagi....
GERARO : Bagus betul kata-katamu, Romo. Indah. Tapi sayangnya, hidup tidak seindah bahasamu, tidak secantik pikiran dan ide-idemu. Wajar, bagianmu adalah keindahan, dan bagian kami adalah kekerasan dan kesulitan.
ROMODI : Kau ingin mengatakan bahwa aku hanya melulu mengurus keindahan, tanpa pernah mempersoalan kekerasan dan kejahatan? Apa kau mau bilang juga bahwa hanya orang seperti kau yang punya hak dalam soal seperti ini? Apakah sebenarnya....
GERARO : Nanti dulu, nanti dulu. Jangan salah sangka. Sama sekali aku tidak berpikiran bahwa kau tidak punya tempat di ruangan seperti ini. Justru sebaliknya. Tempat kau sangat jelas di gerakan ini. Saking jelasnya, tugas dan wewenangmu pun terbatas.
ROMODI : Sejak kapan kau bertindak sebagai pemimpinku?
GERARO : Aku tak bermaksud mengaturmu,...
ROMODI : Tapi caramu yang menjengkelkan itu...

PERDEBATAN PUN TERJADI LAGI DENGAN SENGIT. MASALAH SATU MENYUSUL MASALAH LAINNYA. RUANG ITU MENJADI BISING DENGAN KATA-KATA. BISING SEKALI. BAHKAN SESEKALI TERDENGAR ORANG TAKBIR ATAU ISTIGHFAR.

BISING BERKEPANJANGAN.

BLACK OUT.

Adegan Sepuluh

SEBUAH RUANG YANG GELAP. SEPERTI SEBUAH PENJARA, ATAU RUANG INTEROGASI. DALAM KEGELAPAN ITU, TAMPAK SILUET BEBERAPA ORANG. SEMUA BERDIRI, KECUALI SATU ORANG YANG DUDUK DI KURSI, TERIKAT DAN KELIHATAN SANGAT LEMAH.

BEBERAPA ORANG DI SEKELILINGNYA TERDENGAR MEMBENTAK-BENTAK DENGAN KALIMAT TAK JELAS. DIJAWAB OLEH PESAKITAN DI KURSI DENGAN JERITAN ATAU KATA-KATA YANG SAMA, “AKU TIDAK TAHU!”. BEBERAPA PUKULAN DAN SIKSAAN PUN MENERPA.

PESAKITAN ITU MENJERIT LAGI. DAN PARA PENYIKSA TERTAWA, TIDAK MENGHENTIKAN BENTAKAN DAN DESAKAN PERTANYAAN.

UDARA DIKUASAI OLEH JERIT KESAKITAN YANG MENGGIRISKAN.

JERITAN ITU MENJAUH.

DAN BLACK OUT.

Adegan sebelas

DI SEBUAH RUMAH, KECIL DAN KUMUH.

SEORANG IBU, TERDUDUK DI POJOK. WAJAHNYA SANGAT MURAM, TEBAL DENGAN KESULITAN. DI DEKATNYA DUDUK ANDARI DAN MERARI.

HENING. SAYUP SEKALI BUNYI SERANGGA.

MERARI : Ibu dapat percaya pada kami, kami akan bantu menemukan anak ibu dengan selamat. Sebagai organisasi yang spesial mengurusi penculikan, kami sudah sangat dikenal.
ANDARI : Kita bisa bekerjasama. Ibu tolong beritahu kami teman-teman Koko, di mana dia bisa bermain, kegiatannya apa, dan apa saja yang dia lakukan selama beberapa hari belakangan ini.

SANG IBU WAJAHNYA BERTAMBAH MURAM. HENING.

MERARI : Kami dengar Koko diculik oknum tentara. Kami akan selidiki, sampai kemanapun.
ANDARI : Akan kami dapatkan dia secepatnya, dalam keadaan hidup.

SANG IBU MAKIN MURAM. WAJAHNYA MENUNDUK.

ANDARI : Ibu tak perlu gelisah.
MERARI : Kami banyak teman yang bisa diandalkan.

HENING. WAJAH IBU KIAN MENUNDUK.

ANDARI DAN MERARI SALING BERPANDANGAN. SALING MENGANGKAT BAHU.

PUNDAK WANITA TUA ITU KINI TERLIHAT BERGERAK. TEPATNYA TERSENGGUK-SENGGUK.

MERARI : (Mulai gelisah) Ma’af kalau ibu merasa terganggu.
ANDARI : Karena sebenarnya kami tidak ingin mengganggu.
MERARI : Kami ingin membantu.

SENGGUKAN WANITA ITU KIAN KERAS. KINI MULAI TERDENGAR TANGISNYA. PERLAHAN. MENYAYAT DAN TAJAM.

MERARI DAN ANDARI SEMAKIN BINGUNG. MEREKA SALING BERPANDANGAN LAGI.

TANGIS ITU TIDAKLAH TERDENGAR TAPI TERASA MENYAYAT. DAN TUBUH SANG IBU TIBA-TIBA MELONJAK. MERARI DAN ANDARI BERGERAK KAKU HENDAK MENJANGKAU. TAPI PERCUMA.

SANG IBU : Dia sudah mati! Anakku mati...!!

IBU TUA ITU SEPERTI BERONTAK PADA SESUATU. MEREGANG DAN MENGULANG KATA-KATANYA SEPERTI HISTERIA.

ANDARI DAN MERARI TAK BISA BERBUAT APA. SUASANA MENJADI TERLALU KELAM.

BLACK OUT.

0 comments:

Post a Comment